https://www.youtube.com/watch?v=ANS9sSJA9Yc&list=PLFgquLnL59alQ4PrI-9tZyl0Z8Bqp-RE7&index=3

Senin, 19 Desember 2016

Contoh Esai 2

Efek Negatif Rokok

            Saat mendengar kata “merokok” kita langsung terpikir asap atau tembakau. Merokok bukan hal asing, bahkan sering kita jumpai. Orang yang merokok tak hanya orang dewasa tapi juga remaja bahkan anak-anak. Namun, tahukah Anda bahwa sebanyak 1172 orang di Indonesia meninggal setiap hari karena rokok? Rokok memiliki berbagai efek negatif yang bahkan menyebabkan kematian. Rokok memberi efek negatif yaitu membuat kecanduan, merusak organ tubuh dan menyebabkan kematian, serta merugikan orang lain.
            Pertama, rokok membuat orang kecanduan. Rokok mengandung zat nikotin yang merangsang saraf dan otak sehingga menimbulkan efek kecanduan. Sehingga pengkonsumsi rokok akan kecanduan dan tidak bisa lepas dari jeratan rokok. Seseorang yang telah kecanduan rokok akan sulit untuk tidak merokok. Padahal tanpa mereka sadari rokok yang mereka hisap perlahan namun pasti, menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Mereka juga rela menghabiskan uang hanya untuk membeli rokok. Sehingga, kecanduan yang ditimbulkan dari rokok sangat merugikan diri sendiri.
            Mereka yang sering mengkonsumsi rokok atau disebut perokok aktif akan memiliki berbagai masalah kesehatan, seperti stroke dan kanker paru-paru yang berujung pada kematian. Merokok menimbulkan resiko penyakit stroke meningkat dua kali hingga empat kali lebih cepat. Penyakit stroke ini salah satu penyebab tertinggi kematian di dunia. Stroke diakibatkan aliran darah ke otak mengalami pembekuan  dan menghalangi aliran darah ke otak akibat zat kimia dari kandungan rokok. Kanker paru-paru juga diketahui 90 persen disebabkan oleh rokok, karena asap rokok merangsang sel paru-paru untuk tumbuh secara tidak normal. Diperkirakan bahwa 1 dari 5 perokok berat meninggal karena kanker paru-paru ini.  Rokok menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang berujung pada kematian.
            Rokok juga merugikan orang lain. Orang yang tidak merokok namun turut menghirup asap rokok disebut perokok pasif. Bahkan, perokok pasif diindikasikan berpotensi mendapat banyak masalah kesehatannya contohnya kanker pita suara karena mereka menghirup asap rokok terus-menerus tanpa mengeluarkan asap rokok itu sendiri. Bisa dibayangkan betapa menyedihkannya orang yang mendapat dampak negatif karena menghirup asap rokok yang dikonsumsi oleh perokok aktif padahal dia sendiri tidak merokok.

            Jadi, banyak sekali efek negatif yang ditimbulkan dari rokok yang dapat menimbulkan kerugian tak hanya bagi diri sendiri tetapi juga orang lain. Oleh karena itu, sayangi diri Anda dan orang-orang di sekitar Anda dengan tidak mengkonsumsi rokok. Bagi Anda yang telah merokok berhentilah merokok, karena asap rokokmu membunuh mimpi orang-orang di sekitarmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar