https://www.youtube.com/watch?v=ANS9sSJA9Yc&list=PLFgquLnL59alQ4PrI-9tZyl0Z8Bqp-RE7&index=3

Senin, 19 Desember 2016




Disusun Oleh:

Nama Anggota     :  - Amelia Dwi Putri       (061530330270)
-   Herlinawati               (061530330276)
-   Khaidir Faturrachman (061530330278)
-   Nur Hijrani               (061530330285)
-   Widia Apriyanti        (061530330291)

                Kelas                    :  1 TB
                Dosen Pengampu :  Silvana Oktanisa, S.IP., M.SI

JURUSAN TEKNIK ELEKTRO
PRODI D3 TEKNIK TELEKOMUNIKASI
POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA

Jalan Srijaya Negara Bukit Besar Palembang 30139 Telepon:+620711353414
Fax:+62711355918 Web : http://
www.polsri.ac.id atau www.polsriwijaya.ac.id
Email :
info@polsri.ac.id





       

Pelaksanaan Ideologi Sosialisme di Negara Venezuela

a.      Aspek Politik
Venezuela merupakan salah satu negara yang mempunyai banyak partai politik dengan jumlah partai politik yang memiliki massa dalam jumlah yang besar. Perpolitikkan di  Venezuela dapat dikatakan termasuk salah satu yang unik, dimana ia hampir sampa dengan negara-negara Amerika Latinyang lain, didalam pemerintahan perlu dilakukan sesuatu pembrontakan untuk menggantikan rezim yang sedang berkuasa, baik sejak pada kolonialisme Spanyol hingga masa pemerintahan oleh orang-orang lokal.

b.      Aspek Hukum
Di Venezuela menganut sistem hokum continental dimana lembaga tertinggi hukum disebut pengadilan tertinggi keadilan yang para pemimpinnya dipilih oleh parlemen untuk 12 tahun sekali.           
Sistem hukum continental memiliki sumber hukum, yaitu:
1.      Hukum-hukum dibentuk oleh legislatif.
2.      Peraturan-peraturan hukum.
3.      Kebiasaan yang hidup dan diterima sebgai hukum oleh masyarakat.
 Bentuk system hukum kontinental terdapat 3 macam:
1.      Mengenal sistem peradilan administrasi.
2.      Menjadi modern karena pengkajian yang dilakukan oleh perguruan tinggi.
3.      Tidak dibutuhkan lembaga untuk mengoreksi kaidah.
Keputusan hakim dalam sistem hukum kontinental tidak dianggap sebagai kaidah atau sumber hukum, pandangan hakim dipandang lebih tidak teknis, tidak terisolasi dengan kasus tertentu .
Bangunan hukum, sistem hukum dan kategorisasi hukum didasarkan pada hukum tentang kewajiban. Dasar hukum dalam sistem hukum kontinental adalah kodifikasi hukum. Hakim memiliki peran untuk menetapkan dan menafsirkan peraturan yang ada berdasarkan wewenang yang ada padanya dan tidak bebas menciptakan hukum baru.



c.       Aspek Ekonomi
                        Negara Venezuela menganut sistem ekonomi campuran dengan sentuhan sosialis yang kental, didominasi oleh sector minyak yang menyumbang sepertiga GDP dimana 80% hasil minyak untuk di ekspor. Lebih dari setengah pendapatan pemerintah didapat dari sektor ini. Dengan melimpahnya cadangan minyak Venezuela menempati urutan ke-85 dunia tingkat korupsi, sekitar 30% populasi hidup kurang dari $2 perhari. Venezuela memiliki harga minyak yang paling murah di dunia, karena subsidi pemerintah yang sangat tinggi bagi minyak premium untuk konsumsi publik.
                        Industri manufaktur menyumbang 17%GDP nasional di tahun 2006. Venezuela membuat dan mengekspor alat-alat industri berat seperti baju,  alumunium dan semen dengan konsentrasi produksi di kota Guayana, yang dekat dengan Guri Dam. Salah satu DAM terbesar di dunia yang menyediakan ¾ pasokan listrik Venezuela. Industri manufaktur lainnya elektronik dan automobile, termasuk minuman, perlengkapan makanan. Pertanian di Venezuela menyumbang 3%  GDP, 10% dari buruh dan ¼ tanah di Venezuela. Venezuela mengekspor nasi, jagung, ikan, buah-buahan tropis , kopi, sapi dan babi. Karena Venezuela tidak cukup dalam memenuhi kebutuhan pangannya, negara ini mengimpor 2/3 kebutuhan makanannya.
                        Venezuela memiliki beberapa cadangan minyak dan gas alam terbesar di dunia, dan secara konsisten berada dalam 10 top produsen dunia. Cadangan minyak negara terbesar berlokasi disekitar Danau Maracaibo, Teluk Venezuela dan di sungai Orinoco di timur Venezuela. Disamping itu, cadangan minyak konvensional terbesar dan cadangan gas kedua terbesar terletak di pinggiran berat Venezuela.

d.      Aspek Agama
Masyarakat di negara Venezuela kebanyakan menganut agama Roman Katolik, karena Venezuela  merupakan lokasi penyebaran dakwah Katolik Roma oleh para pelaut di Spanyol.

e.       Aspek Pandangan terhadap Individu dan Masyarakat
Venezuela sebagai negara sosialis lebih memandang kepentingan masyarakat dari pada kepentingan individu. Dibuktikan dengan di bangunnya 500.000 rumah untuk masyarakat tuna wisma dan di batasinya kepemilikan harta benda perindividu demi kebersamaan serta pemerataan dan keadilan.          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar