https://www.youtube.com/watch?v=ANS9sSJA9Yc&list=PLFgquLnL59alQ4PrI-9tZyl0Z8Bqp-RE7&index=3

Senin, 19 Desember 2016

Contoh Esai

Bahaya Penyalahgunaan Narkoba

Siapa yang tidak mengenal narkoba? Pada umumnya narkoba memiliki dampak bagi masyarakat yang dapat menyebabkan sifat kecanduan. Narkoba atau NAPZA merupakan zat yang bila masuk ke dalam tubuh akan mempengaruhi tubuh, terutama susunan syaraf pusat sehingga apabila disalahgunakan akan menyebabkan gangguan fisik, jiwa dan kehidupan bersosial. Narkoba atau NAPZA adalah bahan-bahan narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya.
Narkotika adalah zat yang berasal dari tanaman yang apabila dikonsumsi tidak sesuai prosedur akan menyebabkan perubahan kesadaran, mengurangi sampai menghilangkan rasa sakit dan dapat menimbulkan ketergantungan pada penggunanya. Jenis Narkotika yang sering disalahgunakan adalah heroin, ganja, mariyuana dan kokain.
 Psikotropika adalah zat alami maupun buatan yang berdampak aktif terhadap kejiwaan karena pengaruhnya di susunan syaraf pusat sehingga dapat menimbulkan perubahaan tertentu pada aktivitas mental dan perilaku pengguna. Psikotropika yang sering disalahgunakan adalah amfetamin, ekstasi, shabu dan obat penenang.
Sedangkan Zat adiktif lainnya disini adalah zat yang bukan Narkotika & Psikotropika seperti alkohol atau metanol, tembakau, gas yang dihirup maupun zat pelarut yang mengakibatkan hilangnya kesadaran dan kerusakan fungsi tubuh. Begitu banyak zat-zat berbahaya seperti di atas yang beredar saat ini, entah sampai kapan menggunakan zat terlarang ini berlanjut. Padahal begitu banyak dampak negatif yang ditimbulkannya.
Seperti pemaparan diatas dapat diketahui bahwa NAPZA memiliki 3 jenis dengan dampak yang berbeda. Seperti Narkotika yang menyebabkan perubahan kesadaran, psikotropika yang berpengaruh terhadap sistem syaraf, dan yang terakhir zat adiktif lainnya yang menyebabkan kerusakan fungsi tubuh. 
Maka dari itu, kita wajib untuk menjauhi narkoba. Karena narkoba hanya menjanjikan kesenangan sesaat, dan menimbulkan banyak kerugian di kemudian hari. Sebagai generasi muda, kita memiliki tanggung jawab terhadap masa depan bangsa. Dengan menjauhi narkoba dan hidup sehat kita bisa menjadi generasi penerus bangsa yang bebas narkoba, serta untuk masa depan yang lebih cemerlang. Say NO to drugs!!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar